RT/RW Net, Apaan Tuh?

Awalnya aku juga gak ngerti apa sih Rt/Rw Net? Maklum aku bukan berlatar belakang pendidikan yang berhubungan dengan Telekomunikasi. Hanya sekedar tahu pakai internet, itu juga di War-Net. Ternyata perkembangan Internet semakin maju dan tampaknya semakin lama semakin murah. Apalagi dengan ditemukannya Teknologi Wireless, semakin mudah saja kita mendapatkan koneksi internet yang cepat, gak ribet peralatannya dan murah sekali biaya berlangganannya.

Untuk kalangan kantoran yang memfasilitasi internet didalamnya mungkin masih lebih beruntung dibanding yang tidak, terlebih lagi yang paling tidak beruntung adalah kaum rumahan yang biasanya dihuni ibu-ibu dengan anak-anaknya yang tidak sama sekali bisa mengakses ilmu pengetahuan dari dunia luar. Be-Te abisssss deh!!!!

Kalau saja itu terjadi padaku saat ini, aku pasti menjeritttttt …. protes sama suamiku. Biarpun aku hanya seorang ibu rumah tangga yang bertanggung jawab penuh untuk urusan intern rumah, tapi aku gak mau ketinggalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Biar dirumah tapi gauuuul gito loch!!!! Toh itu semua nantinya berguna juga untuk mendidik anakku dan tentunya buat suamiku juga.Tapi aku sadar lo, adanya fasilitas internet dirumah bukan cuma sekedar tau cara kirim dan membalas e-mail, chating mania, dan cari situs yang aneh-aneh. Aku fokuskan buat pendidikan anakku, belajar dari internet mulai dari belajar masak, membuat blog, masuk ke forum-forum diskusi yang berguna, pokoknya macem-macem deh.

Nah aku mo cerita ni, di perumahanku kebetulan sudah terpasang jaringan internet tanpa kabel yang bisa dibilang murah bangetttttt. Koneksinya cepat dan lumayan stabil. Biayanya flat satu bulan berapapun pemakaiannya, mau 24 jam sampe ngejengking alias semaput silakan!!!!!! Asal kuat!!!!!Untuk pemasangan awal gak perlu beribet, cukup bayar registrasi, beli antena dan radio, biaya set up kalau ada plus biaya langganan bualan pertama.Dirumah kita cukup sediain PC minimal pentium II, langsung deh berinternet ria.Kalau ada keluhan langsung telpon atau sms ke petugasnya maka segera ditangani, mudah kan???? Gak perlu repot-repot lagi untuk kalangan perumahan yang ingin berinternet dengan biaya murah, gak perlu colok-colok kabel ketelpon lagi (dah ja-dul tuh!).

Nah untuk itu aku mo kasih tau, khususnya buat warga Bogor yang tinggal diperumahan, tinggal mendata siapa aja warganya yang pengen berinternet dengan biaya murah silakan konfirmasi ke alamat diakhir tulisan ini. Ini bisa jadi bisnis bagus lo kalau diseriusin, yah semua bidang klo diseriusin akan jadi peluang bagus kok buat kita, tergantung gimana niat kitanya aja.

Nah ini ada proposal penawaran RT/RW Net yang aku copy dari YAGISNET buat dipelajari oleh siapa aja yang baca:

RT/RW NET DI BUKIT CIMANGGU CITY, BOGOR

Solusi Internet Murah dan Cepat

Seperti juga perkembangan teknologi yang lain, Internet pun berkembang demikian pesat. Bahkan beberapa pihak berpendapat, perkembangan internet yang demikian pesat juga turut mengembangkan akselerasi perkembangan teknologi dibidang lain. Hal ini dimungkinkan karena ia memberikan kemudahan dalam mencari informasi.

Penggunaanya pun bergeser, sesuai dengan tren yang ada pada zamannya. Fungsi internet untuk berkomunikasipun juga banyak pemujanya. Siapa yang tidak kenal dengan layanan Instant Messaging yang begitu banyak ragamnya. Atau yang lebih spesifik lagi layanan VoP2P dari Skype yang terbilang fenomenal.

Mahalnya koneksi internet yang berkualitas

Pengguna PC yang sudah memiliki koneksi internet, terkadang kurang puas dengan yang telah dimiliki. Mulai dari harga yang harus dibayar sampai dengan kualitas yang didapat.

Untungnya soal keragaman koneksi, di Indonesia juga tidak kalah dengan perkembangan dunia. Untuk pengguna di lingkungan kerja ataupun di rumahan tersedia berbagai macam pilihan. Mulai dari dial-up, cable, ADSL, ataupun solusi wireless (Koneksi tanpa kabel) banyak ditawarkan berbagai ISP.

Koneksi internet alternative lain juga dapat memanfaatkan jaringan sambungan telepon bergerak yang memang makin marak belakangan ini. Baik yang berbasis CDMA ataupun GSM menyediakan layanan serupa. Beberapa diantaranya menyediakan layanan bertarif flat dengan quota unlimited untuk menghindarkan penggunanya dari kejutan tagihan penggunaan internet yang tinggi.

Sayangnya, itu semua hanya tersedia untuk beberapa kota besar diIndonesia. Akankah penyebarannya akan merata untuk seluruh Indonesia?

Selain itu, tarif yang dibayarkan memang relative masih mahal untuk ukuran kebanyakan peminatnya. Bisa dikatakan, hanya kalangan menengah ke atas yang dapat menikmati itu semua. Bagaimana untuk kalangan selain itu? Akankah mereka memiliki hak yang sama untuk dapat mengakses informasi dari internet?

Dengan kendala diatas, kami mencoba memberikan suatu solusi yang murah, meriah dan terjangkau. Solusi ini ditujukan pada upaya penciptaan lingkungan yang mendukung bagi pengembangan untuk menggali informasi secara cepat tanpa batasan dan terkendala biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu juga untuk mengembangkan komunitas masyarakat yang perduli dengan perkembangan teknologi internet di Indonesia khususnya di Bukit Cimanggu City.

Apa itu RT/RW Net?

Pada beberapa lingkungan perumahan, RT/RW Net menjadi sebuah alternatif yang bisa diambil. Ini memang bisa dijadikan salah satu alternatif yang menarik.

Sebagai ilustrasi, katakanlah koneksi internet dengan quota unlimited. Secara hitungan kasar akan membutuhkan biaya Rp. 4.000.000 per bulannya. Dengan menggunakan gabungan 20 PC, maka biaya bulanan yang harusnya ditanggung menjadi relatif terjangkau. Dengan catatan pengaturan penggunaan yang adil, maka terciptakan sebuah lingkungan yang sudah terkoneksi internet 24 jam.

Perbandingan Harga Koneksi Internet.

Menggunakan Telkomnet Instan dengan harga Rp 9000, untuk kualitas 36-44 Kbps per 1jam.

SpeedyNet, Rp 1.300.000 kualitas 64 Kbps per bulan.

CBN Dialup, Rp 500.000 kualitas 64 Kbps per 1 Giga

Matrix GPRS Rp 20, kualitas 115 Kbps per KB

Star One, Rp 5 kualitas 115 Kbps Per KB

Telkom Fleksi Rp 5,5 kualitas 115 Kbps Per KB

Bonet Wireless Rp 350.000 kualitas 64 Kbps per Bulan

Astinet Rp 4.113.000 kualitas 512 Kbpas Perbulan

Apa saja yang dibutuhkan ?

Untuk menciptakan suatu RT/ RW Net, maka dibutuhkan suatu infrastruktur yang dibangun untuk melakukan hubungan langsung ke setiap user.

Konfigurasi Jaringan :

POINT-TO-MULTIPOINT/ Satu titik untuk beberapa titik. Wireless Access Point : Smartbrigde Air Point Pro 802.11b, Omni Antenna Hyper Gain 12 Db 360 Degree, Ligthning Arrester, Ethernet Surge Arrester.Frekwensi Radio : 2,4 GHz Free License.Jangkauan Koneksi : 800 – 1600 Meter. Speed: 11 Mbps pada jarak 800 meter, 1 Mbps pada jarak 1600 meter. Backbone: Filter MAC Address (Media Access Control), Data Encryption Sisi Client. Wireless Access Card : 802.11b USB dengan external antenna. Harga sekitar US$55 tanpa antena

Ilustrasi Biaya per user

Untuk Layanan ADSL dengan Bandwith speed 128 Kbps minimal 30 user harga perbulan *Rp 75.000 serta Instalasi (antenna + wireless clien) **Rp 650.000

* = Biaya bulanan tiap user.

** = Bisa beli sendiri atau secara kolektif

Fasilitas yang didapatkan :

  1. Internet 24 jam nonstop
  2. Backbone dari PT. Satata Neka Tama Jakarta
  3. Training pemakaian internet browser dan yahoo messenger
  4. Instalasi perangkat wireless
  5. Support 24 jam by REMOTE ACCES
  6. Forum diskusi pada portal Cimanggu Net (Ajang ngobrol bareng warga Bukit Cimanggu Villa)
  7. Free instalasi antivirus, software, voipP2P phone, P2P Net Meeting.
  8. Website filter

Buat teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut silakan saja hubungi alamat dibawah ini atau kirim email. Ok???? Thanks ya telah membaca artikel ini.

Alamat Sekretariat Cimanggu Rt/Rw Net:

Bukit Cimanggu City, Blok U6/23, Cibadak, Tanah Sareal,
Bogor.

Atau email ke:yeni_azzahra@yahoo.co.id

19 pemikiran pada “RT/RW Net, Apaan Tuh?

  1. HebAT kaLo 10 dari 100 ibu rumah Tangga seperTi ” ibu Yeni ” kayaknya InDoneSia gak akan keTinggalan Zaman.. Ya … bravo bu … maju Terus …… Tapi ToLong jaga PoPuP yg ada diBrowsEr ibu karena renTan dengan foTo–FoTo aTau adegan FuLLGar yg TdK cocok unTuk diLiaT anak² ( hanYa mengingaTkan saja )… maaf ya KaLo hutuf “T” nya gede semua krn aku gak suka dengan huruf “T’ yg kecil. NgerTi donG…..!🙂

    Bunda Zahra: Thanks banget dah ngingetin. Makasih dah mampir ke blog-ku.

  2. DH

    Saya lagi ingin ungkapkan keinginan bikin rt-rtnet dg temen-2 jamaah masjid, bisa digambarkan biaya investasi di sisi host dan di client nya ?. yg perlu dibeli apa saja baik di sisi host maupun client nya ? dan harga masing-2 perangkat tsb berapa. lalu ilustrasi biaya iuran per masing-2 jamaah berapa untuk menutupi biaya sewa ke isp nya.

    saya terpikir untuk masing-2 client pakai wireless, mengingat jarak antar rumah yg rata-2 lebih dari 100 meter dan rumahnya tersebar (pemukinan yg masih agak jarang penghuninya).

    bisa dibantu bu yeni ?

    Salam

    pwt

  3. mba & mas,

    terima kasih ya, saya sekarang sudah bisa akses internet kapan aja saya mau di rumah, unlimitted dan speednya cukup memuaskan. Moga2 akan terjaga terus…….

    kalau pengen tanya2 …… di forum mana ya saya bisa posting ?

  4. mba’/ mas’

    saya nanya via kolom komentar ini aja deh….gpp kan ?
    radio yang udah kepasang di rumah kan pake TP-Link TL-WA501G, tapi karena dipasangnya terpaksa di atas, jadi laptop saya gak bisa nangkep sinyal wifi nya.

    kalau saya pengen spy sinya wifi nya ketangkep di dalam rumah, ditambahin apa lagi ya ? (keluar modal lagi biarin deh, yang penting bisa nikmat akses internetnya….hehehe)

    saya coba cari2 di catalognya TP-Link, kalau misalnya saya tambahin TL-WR541G bisa gak ya ?
    jadi satu kabel UTP yang keluar dari radio yang dipasang di atas rumah saya itu saya colokin ke TL-WR541G yang selain juga bisa mancarin sinyal wifi, dia juga punya 4 port keluaran untuk dicoloking ke desktop….bener gak ya gitu ?
    kemarin saya udah coba sms mas windu, tapi kok gak dibales2….?

    salam,

  5. Permisi, punten mods boleh cb jawab ya pak….

    mnrt sy, jika bapak bth spy sinyal internet yg di tangkap oleh radio yg terletak di atap rumah (berfungsi sbg client) supaya dapat di tangkap oleh laptop bapak, yang bapak butuhkan adalah perangkat radio yg berfungsi sebagai pemancar (Access Point/AP) yg dpt diletakkan di dalam rumah… utk itu bpk dpt menggunakan alat yg sama yg digunakan di atap rumah atau jika ada perangkat komputer lain dirumah yg membutuhkan jaringan kabel (LAN/UTP) bpk dapat menggunakan wireless router yg biasanya mempunyai port LAN semacam TL-WR541G.
    Topologinya mirip seperti yg bapak jelaskan,jd keluaran kbl UTP dr radio client di atap di colokkan ke TL-WR541G.

  6. bagaimana saya bisa mendapatkan informasi lebih tentang cara membangun antena grid dengan tujuan untuk membangun rtnet tersebut untuk satu komplek dengan koneksi 40 pc dari masing-masing rumah dan jika letaknya berjauhan apakah lebih baik menggunakan kabel atau menggunakan wap

  7. Konsep RT/RW-Net sekarang ini menjadi trend di dunia internet Indonesia karena sudah banyaknya orang mondar-mandir kesana kemari dan sudah males untuk datang ke warnet untuk sekedar browsing atau cari informasi. Solusi yang tepat bagi anda pemilik RT/RW-Net untuk manajemen user dan pengaturan bandwidth disetiap customer anda kami rekomendasikan Billing untuk RT/RW-Net dan hanya bisa anda cek secara live di http://www.billinghotspot.com

  8. Maaf sebelumnya. Mas kalau bisa “Apa itu RT/RW”.–>Penjelasannya blalbabalbalbal. Kalau di lihat dari tulisan di atas . Malah menekan kan history latar belakang anda bukan permasalahan apa itu RT/RW. Seandainya hanya sebatas pengetahuan anda, itu jauh lebih baik dari pada tidak ada titik temu antara permasalahan (“Apa itu RT/RW) dengan penjelasan(“Pengertian dari RT/RW).

    Maaf sebelumnya.

  9. pernah perhatikan antena parabola untuk TV ? dengan ide itu ,sinyal radio/internet bisa diperkuat berlipat-lipat kalo anda pake WAJAN penggorengan, sebagai reflector . USB Wirlles Lan, yang hanya bisa nangkap sinyal sejauh 70 meter. Coba klo ga’ percaya. kita dah nyoba, wajan bisa dipake untuk mengangkap stasiun pemancar internet sejauh 5 km.

  10. maap ada yang lupa, posisi saya di WILIS INdah – Kediri- Jawa Timur . dan Di Wilis sudah saya bangun RT/RW Net. blum banyak yang berlangganan , tapi saya optimis…. pasti orang akan melirik RT/RW net ku…… mana ada orang dikasih murah tidak mau ???? apa lagi saat ini ….yang murah & berkualitas yang dicari, bukan yang Terkenal ato bernama Besar ….salam dari Wilis Indah Kediri….slamet berjuang… …..Syaalooommmm…..

  11. Wah..bagus pak untuk memajukan dunia IT..khususnya browsing int.smoga rtrw-net nya bnyak yg gabung pak..majukan iptek dan informasi dg biaya murah..slamat berjuang..’ ( warga wilis mulya juga )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s