Anakku Sudah Pandai Mewarnai …

Gaya Anakku

Alhamdulillah …

Hanya itu yang bisa kuucapkan atas anugerah ini … Subhanallah, saat umur Zahra baru akan memasuki tahun ketiga banyak sekali perkembangan yang aku rasakan. Dari hari kehari aku mendidiknya kadang sedikit keras dan kadang juga memanjakannya, tergantung tujuan yang dikerjakan Zahra. Kalau itu menyangkut disiplin akan aturan maka aku agak sedikit keras, tapi untuk hal belajar, bermain, bertanya maka dengan lemah-lembut dan penuh toleransi aku curahkan.

Tidak sia-sia kurasa perjuangan ini apabila kulihat hasilnya, Zahra-ku yang baru akan 3 tahun umurnya sudah bisa macam-macam. Mulai dari buka-shut down komputer, menjalankan program game dia, buka program: paint kegemarannya plus ngasih warna-warni dibentuk-bentuk yg ia buat. Semua ia lakukan tanpa banyak bertanya, itu hasil dia suka duduk mengamati kalau Ayah lagi utak-atik komputer. Bahkan dia tahu klo internet dirumah sedang mati, maka cepat-cepat ia ambil alih posisiku, duduk manis buat buka game kesukaannya. Pernah aku bingung karena file-file yang aku cari hilang, padahal itu penting!!! Ayah sempat bingung juga, sampe downloud dari guru google software buat cari file yg ilang/ke delete. Eh ternyata file itu masih ada dikomputerku cuma nyelip-nyelip ketempat yang aku sendiri pasti susah nyarinya. Rupanya … itu kerjaan Zahra yg move folder-folder itu secara asal. Yang aku heran lagi adalah, klo aku dah cape liat internet biasanya aku pergi sebentar ke dapur ato kekamar tanpa menutup situs-situs yang aku baca. Klo ada Zahra disitu, balik lagi ke depan komputer semua window dah di klik tanda silang-nya alias ketutup sampe YM-ku pun diklik tanda silang lsg diganti program yang ia suka. Hehehe…

Kegemaran Zahra yang paling aku kagumi saat ini yaitu mewarnai. Aku juga bingung turun darimana bakat ini, karena aku dan Ayah-nya gak terlalu bisa ngegambar dan mewarnai (tp kaya’nya dari aku sih, karena kemampuan ngegambar Ayah jauh lebih buruk ketimbang aku …hehehe, maaf ya Ayah!). Zahra sudah bisa mewarnai tidak keluar garis, dan warna yang ia goreskan dikertas bisa merata (menggunakan crayon/pensil warna). Aku sampai terkejut saat melihat tumpukan hasil kerja keras Zahra mewarnai dibalik kertas2 bekas fotocopy-an jaman kuliah dulu. Yang buat gambar mba’ Diah (Mba’-nya Zahra sekarang), Zahra bertugas mewarnai tapi ada juga satu dua gambar yang dibuat Zahra. Zahra sudah bisa membuat lingkaran (meskipun belum benar bentuknya), bentuk menyerupai ikan dan bentuk-bentuk aneh dan gak jelas lainnya.

Klo ditanya soal berdebat, Zahra paling bisa … Zahra dah bisa aku ajak diskusi, dari masalah permainan, makanan ato jalan-jalan. Rasanya klo begini aku bersyukur sekali jadi ibu yang selalu mendampingi anakku disetiap detik perkembangannya.

Bahkan Zahra ngerti klo aku lg nge-cek email pesanan, jawab email pesanan pelanggan ato keluar rumah buat pergi ke TIKI nganter pesanan pelanggan. Zahra selalu bilang “Bunda, Mba’ Zahra gak nangis kok ditinggal di rumah, kan dah gede’. Mba’ Zahra-nya kan pinter. Trus Mba’ Zahra mau dibeliin apa?” lhooooo. Hahahaha …

Aku diijinin keluar tapi ada syaratnya, gak tau deh siapa yang ngajarin. Tp Zahra gak pernah nuntut aku beliin oleh-oleh yang mahal, sekedar permen yupi-pun dia dah seneng banget, apalagi klo bawa buah-buahan kesukaannya, bisa jingkrak-jingkrak dia. Dasar anak-anak memang udah dunianya gak ada beban.

Ah Zahra-ku … rasanya klo diceritain gak habis-habis kebisaan-mu. Semoga jadi anak yang sholihah ya sayang … Do’a Ayah dan Bunda selalu menyertaimu. Amin.

Tinggalkan Balasan

